Sabtu, 02 April 2011

Daily Devotional

Belum genap 1 tahun gw rasa gw mulai menganggap daily devotional is a must!

Gini sejarahnya,
Di kampus, ada sebuah persekutuan yang punya program kelompok kecil. Dan gw ikut, sejak semester 4 (gak terlalu inget).. Tapi itu masih di masa-masa kelam lah, gw gak begitu click sama kelompok kecil gw, gak ada alasan spesifik, lebih karena gw belum bisa membuka diri aja pada saat itu.
Lalu, ini itu berlalu, akhirnya, entah, sungguhlah entah, kalo dipikir-pikir sampe sekarang gw masih gak ketemu jawabannya. Gw jadi pengurus di persekutuan itu. Semuanya terjadi dengan cepat sih, gw jadi pengurus, gw punya kelompok kecil baru, gw suka pemimpin gw yang baru, gw mulai membuka diri, gw mulai berteman, sweet memories, terus kepengurusan berakhir, gw jadi senior, and here i am, i wonder where i'm going next.

Satu yang gw pelajari, dan gw rasa ini jauh lebih berharga dari semua ilmu hukum yang gw pelajari di kampus. 
Saat teduh.
Dulu, dulu banget waktu gw masih SMA, gw punya sahabat (yea sampe sekarang juga masih sahabat), dia yang secara gak langsung ajarin gw untuk baca renungan harian setiap hari. Kita biasa beli buku renungan di Citraland, makan hokben di lantai paling atas, foto box, ke salon (training salon), dan yah jadilah gw membaca renungan itu daily, dan mengalami pertobatan, baptis Roh Kudus. Lalu jatuh..

Selama bertahun-tahun, sejak kepergian gw yang mendadak dari Jakarta. Gw selalu sebut masa itu, masa Tuhan kasih gw shock therapy, tapi ujung-ujungnya, ya memang untuk kebaikan gw. Okelah, kepindahan gw dari Jakarta ke Serang itu menyakitkan, gw gak inget pernah ada moment di hidup gw yang lebih menyakitkan dari itu. Waktu gw pindah dari Jogja ke Jakarta, memang berat sih, tapi ga ada intrik-nya, ga ada masalah apapun. Ya ini sekedar latar belakang.
Intinya gw pindah ke Serang, dan mengalami kejatuhan moral. Gw males deh ngapa-ngapain, berdoa boro-boro, baca renungan apalagi. Gw cuma sekedar penghuni gereja yang baik. Nyemplung ke ministry tapi gak nyemplung2 banget. Sampe gw kuliah semester 7, Tuhan menyatakan dirinya sama gw. Hihooo..

Bukan sesuatu yang besar, gw hanya punya beberapa pertanyaan soal mengapa-mengapa-mengapa dan mengapa, gw masih tetap mengasihi-Nya lebih dari apapun. Sampai ke kesimpulan kalau, selama ini, sekalipun gw terlihat rohani dan baik-baik saja. Tapi di akar-akar gw uda kering tuh, ga ada persekutuan pribadi sama Tuhan, gak ada namanya gw dan Tuhan bersama-sama berbincang-bincang, ga ada namanya gw mencari tau tentang Dia dan keinginan-Nya lewat Firman.
Ohyaaa jelas, gw yang "book-worm" ini udah baca ratusan buku-buku rohani. Gak ngepek.
Sampai gw mengenal yang namanya daily devotional kembali atau gampangnya Saat Teduh. 

Apa menariknya Saat Teduh, ga diajarkan di gereja gw soal Saat Teduh, tapi itu penting, penting buat gw sekarang. Waktu gw secara pribadi, dateng kucluk kucluk kepada Tuhan, mencurahkan isi hati gw, minta ini itu, ngomong ini itu, trus gw baca sebagian kecil (keciiiillll banget) dari Firman-Nya. Dan yak, hari gw pun bersinar terang. Serius!

Haha, kadang, kalau gw memulai hari gw tanpa berdoa, gw memulai hari gw malah dengan berbuat dosa, trus sepanjang hari gw bakal kacau abis, gak fokus, gampang marah ..iya, gw pemarah emang :( gampang kesel ..iya, gw moody juga :( dll.
Tapi kalau gw menenangkan diri gw di pagi hari, oke, gak selalu pagi. Gw merasa gw bisa selesain semua, semua masalah ada jalan keluarnya, gw gak boleh egois, dll. So soothes lah semacam itu. Saat Teduh tu kayak antinarkoba gw. Kalo gak ada itu, gw gak tenang. Kalau ada itu, gw santai 'n relax.

Kayak hari ini aja, gw memulai hari gw dengan buruk banget, sangat buruk sampe gak pantes diceritain di blog. Dan itu soal pikiran. Kesini-sini udah jam 2 siang, gw berusaha memperbaikinya, masih belum Saat Teduh juga. Gw sangat merasa kehilangan moment2 berdua sama Tuhan. Karena terlanjur mengakui dampaknya buat gw, dan waktu Saat Teduh itu gak gw lakukan, rasanya kosong banget. Saat, saat kayak gini ni, gw merasa waktu gw sendiri sama Tuhan itu penting.

Kedengeran bullshit ya? Gak ini gak bullshit koq.
Gw tulis semua di sini, karena gw merasa gw harus punya jurnal, iya, waktu nanti-nantinya gw baca, gw inget semua yang udah gw pelajari soal hidup.
Hari ini, gw belajar kalau Tuhan merindukan gw datang dan ngobrol sama Dia. :) gak bisa diungkapkan deh, betapa asiknya punya sahabat seperti Yesus.

Ciao,
sincerely

Tidak ada komentar:

Posting Komentar